Perbedaan Gear Oil API GL-4 vs API GL-5


Saat membeli oli gear untuk transmisi dan gardan/ axle mobil, apa saja pertimbangan teman – teman? Apakah hanya kekentalan SAE 90 atau SAE 140 saja??

Jika dilihat lebih lanjut pada kemasan dan TDS produk. Ada satu lagi spesifikasi yang sangat penting untuk diperhatikan. Yaitu spesifikasi API nya. Gear oil yang umum dijumpai pada sektor otomotif terdiri dari API GL-4 dan API GL-5.

Tidak seperti spesifikasi oli engine, makin tinggi angka setelah GL, makin bagus performanya. Namun spesfikasi ini lebih menekankan pada jenis aplikasi penggunaannya.

API GL-4 biasanya digunakan untuk aplikasi transmisi manual yang menggunakan synchronizer kuningan. Juga bisa digunakan pada axle dengan speed dan beban menengah.
cara memilih oli transmisi
Gambar 1. Synchronizer kuningan pada transmisi manual
Jenis transmisi manual ini bisanya digunakan pada mobil pribadi, bus, dump truck dan lain – lain.

Sedangkan API GL-5 digunakan untuk aplikasi gardan/ axle/ differential, terutama untuk aplikasi hypoid gear. Karena jenis gear ini biasanya digunakan untuk kendaraan beban berat.
oli gardan terbaik
Gambar 2. Hypoid Gear
Beberapa unit transmisi manual sekarang sudah tidak lagi menggunakan synchronizer kuningan, sehingga juga merekomendasikan penggunaan API GL-5. Namun untuk menggunakan API GL-5 pada transmisi manual, pastikan rekomendasi dari OEM yaa.

Secara karakteristik, apasih yang membedakan antara API GL-4 dan GL-5?
  • Gear oil API GL-5 menggunakan aditif extreme pressure (EP) 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan API GL-4.
  • Aditif EP yang lebih tinggi ini, dapat mengkorosifkan metal kuningan yang terdapat pada transmisi manual.
  • Oleh karena itu, gear oil API GL-5 tidak disarankan digunakan pada transmisi manual yang menggunakan synchronizer kuningan.
Bagaimana cara melihat spesifikasi API GL-4 atau GL-5?
Dapat dilihat pada Technical Data Sheet atau pada kemasan produk yang ingin teman - teman beli.
oli transmisi
Gambar 3. Spesifikasi gear oil pada Technical Data Sheet produk.

beli oli transmisi manual
Gambar 4. Spesifikasi gear oil pada kemasan produk
Contoh rekomendasi OEM
beli oli gear
Gambar 5. Contoh rekomendasi manual book excavator.

oli transmisi manual hino
Gambar 6. Contoh rekomendasi OEM dump truck.
Rekomendasi transmission oil pada dump truck ini dapat menggunakan API GL-4 atau GL-5. Namun jika rekomendasi OEM teman – teman hanya mencantumkan API GL-4, jangan menggunakan API GL-5 yaa.

Mana yang lebih bagus API GL-4 vs API GL-5?
Keduanya sama sama bagus jika digunakan pada aplikasi yang tepat. Dalam pemilihan pelumas, selalu pastikan spesifikasi yang direkomendasikan OEM. Jika OEM menyarankan GL-4 jangan gunakan API GL-5, juga sebaliknya. Supaya teman – teman selalu mendapatkan benefit optimal dari produk pelumas yang teman – teman beli.

Demikian pembahasan mengenai Perbedaan Gear Oil API GL-4 vs API GL-5. Jika teman – teman ada pertanyaan dan ingin berdiskusi lebih lanjut, mohon untuk tidak ragu menghubungi kami via email a3.msaputra@gmail.com. Salam LubeInsight.
Muhammad Saputra Application Engineer, Email : a3.msaputra@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perbedaan Gear Oil API GL-4 vs API GL-5"