Biodiesel Lebih Boros Dibandingkan Dengan Solar, Benarkah?

 armada tambang

Pernahkan teman – teman merasakan atau membaca berita mengenai biosolar lebih boros dibandingkan dengan solar murni? Untuk pembahasan mengenai biosolar, teman – teman bisa cek dipostingan kami sebelumnya ya.
biosolar boros
Gambar 1. Berita penggunaan biodiesel lebih boros pada alat pertambangan.
Berita ini sejalan dengan informasi dari “Pedoman Umum Biodiesel dan B30” yang diterbitkan oleh DIREKTORAT BIOENERGI DIREKTORAT JENDERAL ENERGI BARU, TERBARUKAN DAN KONVERSI ENERGI KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL tahun 2020.

Pada poin 3.1.5 disebutkan bahwa, “dibandingkan minyak solar, biodiesel memiliki kandungan energi yang lebih rendah sekitar 12%.  
biosolar v solar
Gambar 2. keterangan info poin 3.1.5 Pedoman umum biodiesel dan B30.
Karena energi yang lebih rendah, artinya untuk menghasilkan energi yang sama dengan solar murni, biodiesel membutuhkan jumlah (volume) yang lebih banyak. Sehingga bisa dikatakan lebih “boros”.

Dalam spesifikasi fuel, biasanya juga dikenal istilah calorific value (nilai kalor). Nilai kalor suatu bahan bakar (fuel) adalah jumlah panas yang dilepaskan ketika sejumlah fuel tertentu dibakar, dalam kondisi tertentu. Nilai kalor dinyatakan dalam energi/ massa zatnya. Contoh: kJ/kg, MJ/kg, kcal/kg…

Dalam pengujiannya, biosolar memiliki nilai kalor yang lebih rendah 12% dibandingkan dengan solar. Inilah salah satu alasan mendasar mengapa dalam kondisi operasional normal konsumsi bahan bakar biosolar lebih boros dibandingkan dengan solar murni.

Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa, calorific value solar sebesar 46,8 MJ/kg. Sedangkan biosolar sebesar 41,3 MJ/kg. Namun angka ini bisa berubah berdasarkan metode pengujian dan fuel yang digunakan.
perbandingan biosolar dan solar
Gambar 3. Kalkulasi sederhana perbandingan biosolar dan solar murni.
Demikian pembahasan mengenai Mengapa Biodiesel Lebih Boros Dibandingkan Dengan Solar. Jika teman – teman ada pertanyaan dan ingin berdiskusi lebih lanjut, mohon untuk tidak ragu menghubungi kami via email a3.msaputra@gmail.com. Salam LubeInsight.
Muhammad Saputra Application Engineer, Email : a3.msaputra@gmail.com

Posting Komentar untuk "Biodiesel Lebih Boros Dibandingkan Dengan Solar, Benarkah?"