Grease Terbaik Untuk Bearing dan Pendekatan Metode 6R

 grease terbaik
Grease merupakan salah satu jenis pelumas. Umumnya, grease digunakan untuk melumasi rolling bearing, chasis, pin & bushing sampai dengan wire rope. Grease berkualitas tinggi tentu akan memberikan proteksi yang baik sehingga komponen bisa mencapai bahkan melebihi batas usia pemakaian yang telah didesain.

Teman–teman mungkin bertanya ada tidak, sih, grease terbaik untuk bearing dan aplikasi lainnya? Pada dasarnya grease dan semua pelumas lainnya terlebih dahulu melewati tahapan pengujian dan pengembangan oleh tim RnD tiap pabrikan.

Grease yang dijual di pasaran telah diuji terlebih dahulu di lab menurut standard industri yang berlaku. Dalam pengembangan produk, beberapa brand juga melakukan kerja sama dengan pabrikan unit untuk mendapatkan persetujuan penggunaan produk pada unit tersebut.

Ketika teman-teman membeli produk grease, spesifikasi standar industrinya bisa dilihat pada lembaran data sheet. Pastikan teman–teman membeli produk asli dan dari distributor resminya, ya, untuk memastikan keaslian produk. Produk–produk grease ada tingkatan kualitasnya.

Dilihat dari sisi base oil-nya ada yang mineral dan sintetik, kemudian dari segi jenis thickenernya, ada calcium, lithium, polyurea dan lain sebagainya. Kesimpulannya, semua produk grease sebenarnya bagus, bila tepat aplikasi.

Dalam aplikasi grease, ada salah satu pendekatan yang dilakukan dan dikenal dengan sebutan 6R. Perhatikan cycle berikut!
efisiensi grease
Cycle efisiensi grease dengan pendekatan 6R

1. Right Product
Produk yang tepat dan produk yang bagus baru satu parameter dari 6 parameter penting dalam efisiensi penggunaan grease.

2. Right Place
Aplikasi yang tepat adalah menggunakan produk khusus pada aplikasi tersebut. Misalnya, aplikasi yang membutuhkan grease high speed. Maka gunakan grease khusus untuk high speed, jangan menggunakan grease multi purpose.

Contoh lain, grease untuk wire rope, gunakan grease khusus untuk wire rope untuk mengingkatkan efisiensi penggunaan grease.

3. Right Time
Waktu yang tepat adalah interval regreasing-nya pas, tidak lebih dari interval yang telah ditentukan. Jika telat dari interval yang ditentukan, dikhwatirkan bearing akan kekurangan grease dan bisa meningkatkan temperatur operasinya. Jika intervalnya terlalu cepat, grease akan boros.

4. Right Amount
Jumlah yang tepat adalah sesuai dengan kebutuhan bearing, tidak lebih dan tidak kurang dari yang dibutuhkan. Kekurangan grease bisa mengakibatkan komponen kurang pelumasan. Sedangkan kelebihan gerase bisa menyebabkan overheat

5.Right Method
Metode penggunaan grease seperti menggunakan grease gun atau autolube.
  • Jika menggunakan grease gun, bisa menggukan grease yang lebih padat dengan NLGI di atas 2.
  • Jika menggunakan autolube, maksimal NLGI yang diizinkan adalah 2. Ini karena maksimal kepadatan grease yang bisa dipompa oleh auto lube adalah NLGI 2.
  • Penggunaan grease dengan NLGI di atas 2 pada autolube, dikhawatirkan tidak bisa terdistribusi dengan normal.
Gunakan satu grease gun untuk satu jenis grease:
  • Penggunaan satu grease gun untuk satu jenis grease bertujuan untuk menjaga supaya tidak terjadi kontaminasi silang antar produk grease.
  • Apabila grease terkontaminasi, akan menurunkan performa kinerja. Contoh grease multipurpose tercampur dengan grease high speed maka akan terjadi hal berikut:
  • Pada grease multipurpose, viskositas base oil-nya akan turun.
  • Pada grease high speed, viskositasnya akan naik.
Pada aplikasi wire rope, biasanya menggunakan alat wire rope lubricator. Dengan alat ini, grease lama akan dibersihkan terlebih dahulu sebelum diberikan grease baru. Alat ini bisa “menekan” grease untuk masuk ke dalam inti wire rope, sehingga bisa terlumasi dengan baik.

6. Right People Competency
Yang terakhir dan tak kalah penting adalah orang–orang yang berkompeten di bidangnya. Man behind the gun juga sangat berpengaruh dalam efisiensi penggunaan grease untuk merealisasikan 5 pendekatan sebelumnya. Kami yakin timnya teman–teman sudah sangat berkompeten di bidangnya sehingga efisiensi penggunaan grease bisa maksimal.

Jika teman–teman masih kurang paham terkait produk yang digunakan, bisa langsung menghubungi team technical support dari brand yang teman–teman gunakan untuk berdiskusi langsung. Sampaikan dengan detail aplikasi dan kondisi operasi di lapangan.

Demikian pembahasan mengenai grease terbaik untuk bearing dan pendekatan 6R dalam efisiensi penggunaan grease. Jika teman–teman ada pertanyaan dan ingin berdiskusi lebih lanjut, mohon untuk tidak ragu menghubungi kami via email a3.msaputra@gmail.com. Salam LubeInsight.


Muhammad Saputra Application Engineer, Email : a3.msaputra@gmail.com