Aditif VI Improver, Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Melanjutkan pembahasan postingan sebelumnya mengenai viskositas v viskositas indeks, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai aditif viskositas indeks improver. Aditif ini berbentuk rantai panjang, berat molekul tinggi, dan polimer larut minyak.

Aditif viskositas indeks improver digunakan untuk mengurangi laju perubahan kekentalan terhadap temperatur dengan cara meningkatkan VI base oil. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara kerja VI improver, ada baiknya kita ulangi lagi prinsip dasar berikut.

viskositas indeks improver
Gambar 1. Ilustrasi molekul–molekul oli.
Oli terdiri dari sejumlah molekul. Apa yang terjadi pada molekul tersebut seiring perubahan temperatur? Yak betul, molekul akan bergerak lebih cepat seiring kenaikan temperatur. Pergerakan molekul yang cepat ini menyebabkan oli akan semakin encer.

Bagaimana VI improver bekerja?
Aditif ini mengecil saat temperatur dingin dan mengembang ketika temperatur panas. Ketika mengembang, aditif ini menahan pergerakan molekul oli sehingga bisa menahan laju perubahan kekentalan atau viskositas. Perhatikan gambar berikut! 
cara kerja aditif viskositas indeks
Gambar 2. Ilustrasi cara kerja VI Improver.
(a) kondisi temperatur dingin
(b) kondisi temperatur panas

Dengan meningkatkan viskositas indeks, perubahan kekentalan akan lebih sedikit seiring kenaikan temparatur. Hal ini dapat memungkinkan penggunaan oli yang lebih encer pada temperatur rendah. Namun,  tetap memenuhi viskositas yang diinginkan pada suhu tinggi. Jenis oli ini dikenal juga dengan istilah oli multigrade.

Aditif VI improver banyak digunakan pada jenis oli mineral dengan teknologi multigrade oil. Hal ini karena rata–rata viskositas indeks (VI) base oli mineral murni tidak cukup tinggi untuk menerapkan teknologi oli multigrade.

Oleh karena itu, dengan menggunakan aditif VI improver, dapat meningkatkan VI base oil. Sehingga bisa menggunakan base oil yang lebih encer, tetapi kekentalan pada temperatur kerja tetap tercapai.

Kesimpulan
  • VI improver merupakan salah satu aditif yang digunakan pada produk oli.
  • Berfungsi untuk meningkatkan VI, supaya perubahan kekentalan lebih stabil.
  • Biasa digunakan pada produk multigrade yang menggunakan base oil mineral.
Demikian pembahasan cara kerja VI improver. Jika teman–teman ada pertanyaan dan ingin berdiskusi lebih lanjut, mohon untuk tidak ragu menghubungi kami via email a3.msaputra@gmail.com. Salam LubeInsight.
Muhammad Saputra Application Engineer, Email : a3.msaputra@gmail.com