Apa Itu JASO Yang Biasa Kita Lihat Dikemasan Oli Sepeda Motor

 oli sepeda motor

Jepang merupakan salah satu negara pemimpin produsen sepeda motor di dunia. Mesin produksi jepang yang terkenal handal dan tahan lama membuatnya banyak diminati didunia terutama di benua Asia. Daya tahan komponen mesin tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:
  • Material yang digunakan
  • Quality control yang ketat
  • Pelumas yang bagus
Dalam hal pelumas, ada tantangan tersendiri untuk menyarankan rider menggunakan satu merk tertentu. Mengingat akan ada beberapa rider yang tidak memiliki akses atau pasar untuk membeli oli dengan merk yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi hal ini para engineer dari jepang membentuk satu lembaga yang mensertifikasi kualitas oli yang digunakan pada mesin sepeda motor yang diproduksi oleh jepang yang dikenal dengan JASO.

 
JASO (Japanese Automobile Standards Organization) adalah lembaga Jepang yang menguji dan menetapkan standar kualitas oli yang digunakan pada mesin kendaraan. JASO mulai disahkan pada Maret 1998, fokus pada pengembangan oli sepeda motor yang berkaitan dengan “metode uji evaluasi karakteristik gesekan”.

 
Pembentukan organisasi ini juga didorong oleh standarisasi oli yang ada saat itu seperti: API, ILSAC dan ACEA yang dalam pengembangannya lebih fokus pada kendaraan roda 4 (mobil). Ada perbedaan antara oli mesin mobil dengan oli mesin sepeda motor, khususnya yang diproduksi oleh Jepang.

Dalam penggunaannya, oli mesin mobil, oli transmisi dan oli gardan memiliki spesifikasinya masing-masing. Artinya tiap komponen menggunakan oli yang berbeda-beda. Sedangkan pada sepeda motor, engine, pelat kopling dan gear tergabung dalam satu rumah yang sama. Hal ini membuat ketiga komponen yang berlainan, menggunakan satu jenis oli yang sama.

 
Kekhawatiran muncul apakah spesifikasi oli engine yang selama ini dikembangkan memenuhi ketiga kriteria tersebut. Terutama untuk pelat kopling. Pelat kopling membutuhkan koefisien gesekan yang pas supaya bisa beroperasi secara optimal. Koefisien gesek yang terlalu rendah bisa membuat pelat kopling selip karena oli terlalu licin. Koefisien gesek yang tinggi membuat pelumasan komponen mesin lainnya seperti: bearing dan gear menjadi tidak maksimal

 
Seiring berkembangnya waktu, selain menguji kualitas oli mesin sepeda motor, JASO juga membuat standarisasi untuk oli mesin mobil dan heavy duty. Untuk sepeda motor, standarisasi JASO terdiri dari: JASO MA, MB, FA, FB, FC dan FD. Spesifikasi MA dan MB digunakan untuk mesin sepeda motor 4-tak. Sedangkan FA, FB, FC dan FD untuk sepeda motor 2-tak.

 
Detail pembahasan tiap standarisasi JASO untuk sepeda motor akan kita bahas pada postingan selanjutnya ya. Salam Lube Insight
Muhammad Saputra Application Engineer, Email : a3.msaputra@gmail.com