Grease Mengeras - Contoh Akibat Thickener Grease Yang Tidak Kompatibel

grease mengeras
 
Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai penyebab grease mengeras yang umum terjadi pada bearing. Grease bisa mengeras disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: umur pemakaian yang cukup lama (oksidasi), stabilitas mekanis grease rendah, panas yang berlebih (overheat), kontaminasi atau pencampuran antar grease dengan jenis thickener yang berbeda (tidak kompatibel).

Pada postingan kali ini kita lihat salah satu contoh grease mengeras yang disebabkan oleh pencampuran antar grease dengan jenis thickener yang tidak kompatibel. Thickener yang tidak kompatibel akan mempengaruhi stabilitas mekanis grease. Hal ini bisa menyebabkan perubahan konsistensi (kepadatan) grease, yaitu grease dapat mengeras atau mencair.

Apa itu stabilitas mekanis?, yaitu kemampuan thickener menyerap dan melepaskan base oil dengan tetap mempertahankan konsistensinya. Saat stabilitas mekanis terganggu, kemampuan thickener menyerap kembali base oil menurun. Akibatnya, base oil keluar dan menyisakan thickener di dalam bearing. Akumulasi thickener inilah yang menyebabkan konsistensi grease menjadi keras sehingga tidak dapat memberikan pelumasan yang optimal.

Berikut merupakan salah satu contoh grease mengeras yang disebabkan oleh incompatibility thickener. Ini terjadi pada salah satu bearing  fan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). User melakukan penggantian grease pada bearing fan ini dari brand A ke brand B. Pada saat penggantian, tidak dilakukan pembongkaran, sehingga tidak dapat melakukan pembersihan secara menyeluruh. Hal ini menyebabkan grease brand A masih tersisa di dalam bearing, sehingga bercampur dengan grease brand B. Brand A dan brand B keduanya merupakan high performance grease. Permasalahannya bukan pada kualitas masing – masing grease, namun pada jenis thickener yang digunakan. Thickener grease brand A tidak kompatibel dengan jenis thickener brand B. Perbedaan jenis thickener (tidak kompatibel) inilah yang menyebabkan pencampuran keduanya berakibat pada grease mengeras.

incompatibility thickener
Gambar grease mengeras yang disebabkan oleh pencampuran jenis thickener yang tidak kompatibel.

Inilah salah satu akibat bila grease tercampur dengan jenis thickener yang tidak kompatibel. Jadi buat temen – temen yang ingin melakukan penggantian atau menambah grease (re-greasing) dengan jenis grease yang berbeda. Selalu pastikan jenis thickener yang digunakan kompatibel ya. Salam Lube Insight.
Muhammad Saputra Application Engineer, Email : a3.msaputra@gmail.com