Fungsi Pulverizer Coal Mill pada PLTU

 

Tentu teman–teman sudah sangat familiar dengan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), bukan? PLTU menggunakan uap untuk menggerakkan bilah turbine. Uap dihasilkan dari pemanasan air di dalam boiler yang menggunakan bahan bakar batu bara.

Sistem PLTU terdiri dari beberapa unit utama, salah satunya yaitu coal mill. Ada beberapa jenis coal mill. Akan tetapi, yang paling banyak digunakan adalah jenis pulverizer. Perhatikan gambar berikut (kolom biru)!
fungsi coal mill pada PLTU
Gambar 1. Diagram kerja PLTU
Apa itu pulverizer coal mill dan apa fungsinya pada PLTU?
Pulverizer coal mill merupakan salah satu unit yang berfungsi untuk menggiling batu bara. Batu bara yang di-supply di coal yard (stock pile) terlebih dahulu masuk ke crusher untuk dihancurkan.

Ukuran uotput dari crusher memiliki diameter yang berkisar antara 3-5 cm. Namun, ukuran ini belum cukup halus untuk menjadi bahan bakar pada boiler.

Oleh karena itu, setelah dihancurkan oleh crusher, batu bara kembali harus dihaluskan. Penghalusan inilah yang dilakukan  oleh pulverizer coal mill. Pada unit ini, batu bara digiling menjadi ukuran yang sangat halus seperti bedak.

Batu bara yang telah halus ini kemudian didorong oleh Primary Air Fan (PA fan) ke area boiler untuk menjadi bahan bakar memanaskan air.

Secara sederhana, cara kerja pulverizer coal mill sebagai berikut:
  • Batu bara digiling pada meja yang berputar dan ditekan oleh grinding roller (perhatikan kolom warna hitam).
  • Sistem hydraulic-nya berfungsi untuk mengontrol pergerakan grinding roller (naik - turun) saat menekan batu bara.
  • Motor listrik berfungsi untuk menggerakkan meja giling.
  • Gearbox berfungsi untuk menurunkan rpm motor listrik dan menghubungkannya dengan meja putar
PLTU
Gambar 2. Ilustrasi pulverizer coal mill.
Demikian pembahasan mengenai fungsi coal mill pada PLTU. Jika teman–teman ada pertanyaan dan ingin berdiskusi lebih lanjut, mohon untuk tidak ragu menghubungi kami via email a3.msaputra@gmail.com. Salam LubeInsight.
Muhammad Saputra Application Engineer, Email : a3.msaputra@gmail.com

Posting Komentar untuk "Fungsi Pulverizer Coal Mill pada PLTU"