Apa Itu Sistem Hidrolik dan Keunggulannya Dibandingkan Dengan Sistem Pneumatic?

 

Sistem hidrolik adalah sistem yang memanfaatkan fluida (biasanya oli) sebagai media pemindahan daya. Hal ini merujuk pada hukum pascal yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada suatu fluida dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Dasar hukum inilah yang berperan besar dalam pengembangan sistem hidrolik.

Sistem hidrolik bekerja dengan cara merubah tenaga yang kecil menjadi tenaga yang lebih besar. Perhatikan gambar di berikut.
mekanisme sistem hidrolik

Dari gambar diatas, 10 Newtons gaya yang diberikan pada pompa dengan luas penampang 1 cm2 bisa menggerakkan beban sebesar 1.000 Newtons pada silinder dengan luas penampang sebesar 100 cm2.

Secara sederhana, sistem hidrolik terdiri dari:
1. Tangki oli
Berfungsi untuk menampung dan tempat pendinginan pelumas.

2. Pompa
Berfungsi untuk memberikan aliran konstan pada sistem hidrolik. Pompa mengalirkan fluida dari tangki ke seluruh sistem. Selain itu, pompa juga berfungsi untuk mengubah energi mekanis menjadi energi fluida.

3. Oli hidrolik
Berfungsi untuk menstransmisikan daya, memberikan pelumasan, dan mendinginkan sistem hidrolik.

4. Filter
Berfungsi untuk menyaring kotoran supaya tidak masuk ke dalam sistem. Kotoran yang disaring terdiri dari kotoran eksternal yang terperangkap di dalam oli dan kotoran internal yang berasal dari partikel aus saat beroperasi.

5. Control valve
Berfungsi untuk mengatur tekanan sistem hidrolik dan mengarahkan aliran fluida.

6. Actuator
Berfungsi untuk melakukan kerja dengan menggerakkan komponen tertentu.

Sistem hirolik memiliki cakupan aplikasi yang sangat luas. Mulai dari sistem rem kendaraan yang kita gunakan sehari–hari, alat berat hingga sistem hidrolik yang digunakan pada peralatan pabrik di sektor industri. Ada beberapa keuntungan menggunakan sistem hidrolik dibandingkan dengan sistem pnumatik (udara), diantaranya:
  • Menggunakan fluida cair (biasanya oli).
  • Fluida yang digunakan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.
  • Menghasilkan kekuatan dan tenaga yang lebih besar.
  • Sifat fluida (oli) yang tidak dapat dikompres bisa meminimalisir penurunan daya.
  • Fluida (oli) yang digunakan bisa juga berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan.
Sistem hidrolik sering kita lihat di unit excavator pada boom cylinder, arm cylinder, dan bucket cylinder. Selain itu, sistem hidrolik juga digunakan untuk menggerakkan motor, seperti motor swing untuk memutar bagian atas excavator dan motor travel untuk menggerakkan excavator maju mundur saat excavator bekerja.

Demikian pembahasan mengenai sistem hidrolik. Jika teman – teman ingin berdiskusi lebih lanjut, mohon untuk tidak ragu menghubungi kami via email a3.msaputra@gmail.com
Muhammad Saputra Application Engineer, Email : a3.msaputra@gmail.com

Posting Komentar untuk "Apa Itu Sistem Hidrolik dan Keunggulannya Dibandingkan Dengan Sistem Pneumatic?"